Langsung ke konten utama

Pemanfaatan E-Journal Sebagai Media Informasi Digital

Pemanfaatan E-Journal Sebagai Media Informasi Digital
Perpustakaan perguruan tinggi sudah kewajibannya dalam menyediakan sumber-sumber informasi atau literatur yang relevan dan yang mampu menunjang seorang peneliti dalam penelitiannya. Perpustakaan perguruan tinggi sebagai pusat peneliti dituntut untuk bisa menyediakan sumber-sumber informasi, baik dalam bentuk tercetak maupun dalam bentuk digital. Jurnal diketahui sebagai salah satu literatur terbitan berseri yang relevan dan dapat menunjang kegiatan penelitian tersebut. Baik dalam bentuk tercetak maupun digital (e-journal) akan menjadi pertimbangan perpustakaan untuk melanggan atau mendapatkan jurnal tersebut.
Journal is the collection and periodic publication or transmission of news and the result of research through media, by High Beam” Dari kutipan tersebut menjelaskan bahwa jurnal merupakan suatu koleksi dan terbitan berkala atau transmisi mengenai berita dan hasil-hasil penelitian melalui media.

Jurnal dengan format digital atau e-journal dikenal sebagai publikasi ilmiah dalam format elektronik yang biasanya PDF, dan memiliki ISSN (International Standard Serial Number). E-journal dapat diakses secara online dan lebih diminati karena waktu pengaksesannya dapat digunakan selama 24 jam. Akses e-journal dapat kita temukan ketika perpustakaan telah melakukan langganan, atau perpustakaan itu sendiri mempunyai stok beberapa jurnal. Seperti salah satu e-journal yang dimiliki oleh Institusi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (journal.uinjkt.ac.id). E-journal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan sistem penerbitan online berbasis Open Journal System yang diterbitkan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Publikasi ilmiah yang dipublikasikan dalam bentuk thesis, skripsi, jurnal, makalah, disertasi dan lain-lain itu merupakan bagian dari repository seperti (repository.uinjkt.ac.id), untuk penjelasan mengenai repository dapat dilihat melalui artikel sebelumnya “Institutional Repository Sebagai Sarana KomunikasiIlmiah”. Publikasi ilmiah dari jurnal sendiri adalah publikasi yang membahas berbagai macam ilmu pendidikan serta penelitian yang memiliki jarak jangka waktu terbit berkesinambungan/berkelanjutan, dan elektronik jurnal merupakan publikasi jurnal dalam bentuk digitalisasi.

Keberadaan e-journal ini tidak terlepas dari peran teknologi informasi, seperti salah satu konten yang terdapat pada journal.uinjkt.ac.id dari salah satu isi Jurnal Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, yang berjudul “Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Kecerdasan (Intelektual, Spiritual, Emosional & Sosial) Studi Kasus: Anak-Anak” yang ditulis oleh Gilang Wisnu Saputra, Muhammad Aldy Rivai, Mawaddatus Su’udah, Shepty Lana Gust Wulandari, Tyas Rosiana Dewi, dan Fitroh dari Program Studi Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi. Peran teknologi informasi pada dasarnya hanyalah sebuah alat dan saran yang dapat memberikan dampak yang berbeda-beda bagi setiap penggunanya tergantung dari cara pengguna memanfaatkannya. Untuk anak-anak sendiri, tentunya untuk pemanfaatan yang bijaksana atas TI diperlukan adanya pengawasan dari orang tua sehingga perkembangan TI yang baik juga dapat seimbang dengan tumbuh kembang anak yang baik.


Pemanfaatan e-journal pada dasarnya berupa teknologi informasi yang berupa layanan cyber dengan beragam informasi yang bersumber dari jaringan global, dan diperlukannya peran dari pustakawan sebagai penyaji informasi agar layanan tersebut berguna dan dapat tersampaikan serta diminati oleh pemustaka. Meskipun e-journal merupakan media publikasi digital dengan gratis atau disebut juga open access journal, dengan seiring banyaknya pembaca maka kualitas jurnal maupun institusi penerbit akan teruji kredibilitasnya. Penulis mendapatkan “podium”nya, Institusi mendapatkan nama, ilmu dan pengetahuan akan semakin cepat untuk dilakukan review, publik yang membutuhkan informasi dalam penelitiannya bisa mendapatan materi bacaan yang berkualitas dan terjangkau. Pemanfaatan e-journal ini dapat memperkaya literatur perpustakaan dan untuk fasilitas pendidikan yang berupa informasi ilmiah.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Dengan Riset Menjadikan Mahasiswa Terampil Dalam Analitik

Kegiatan riset bukanlah hal baru didunia ini, riset ( research ) sudah dilakukan oleh nenek moyang kita untuk mendapatkan hal baru yang membangun perkembangan kehidupan dan peradaban hingga saat ini. Melalui riset, pengetahuan dikembangkan dan menjadi pengetahuan baru untuk kita.

Tata Ruang dan Perabot dalam Perpustakaan Umum

Perpustakaan umum merupakan salah satu bentuk layanan informasi bagi masyarakat dengan visi terciptanya masyarakat melek informasi dan masyarakat cerdas, sehingga keberadaannya harus dapat dimanfaat dengan sebaik-baiknya oleh berbagai kelompok masyarakat dalam mengakses informasi. Kehadiran perpustakaan umum di tengah masyarakat diharapkan dapat melayani kebutuhan masyarakat akan berbagai sumber informasi. Perpustakaan Umum merupakan perpustakaan yang melayani seluruh lapisan masyarakat tanpa membedakan latar belakang, status sosial, agama, suku, pendidikan dan sebagainya. Konsep dasar perpustakaan umum adalah didirikan oleh masyarakat, untuk masyarakat, dan didanai dengan dana masyarakat. Perpustakaan umum sebagai sarana pendidikan untuk mendidik dari sendiri dengan kata lain tempat mendapatkan pendidikan nonformal, mempunyai tugas untuk menghimpun, memelihara dan mendayagunakan bahan perpustakaaan untuk kepentingan masyarakat Indonesia. Ruang perpustakaan merupakan sarana yang

Bisnis Kuliner Khas Nusantara GOMACANG

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan ragam etnis budayanya. Keragaman budaya lokal yang ada di Indonesia tentu memiliki ciri khas yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya, seperti masakan khas budaya lokal Indonesia dengan beragam rempah-rempah yang dimilikinya. Begitu banyak bisnis kuliner yang dibangun di Indonesia dengan ciri khas di setiap wilayah seperti yang kita kenal yaitu Rumah Padang, Warteg (Warung Tegal), Sate Madura dan bisnis kuliner lainnya. Namun, dari setiap bisnis kuliner yang kita lihat atau kita ketahui tidak semua masakan khas nusantara dapat kita peroleh dengan mudah. Dengan hal tersebut, salah satu mahasiswa asal Semarang membuka bisnis baru inspiratif dan inovatif yang memperkenalkan masakan khas nusantara. Bisnis tersebut adalah Gomacang. Gomacang adalah sebuah bisnis kuliner yang baru saja diadakan grand opening pada tanggal 19 November 2018 di Jalan Durian Raya No.88 Srondol Wetan, Banyumanik,  Kota Semarang. Didepan Taman Tirto Agun