Langsung ke konten utama

Let’s Know About National Library of Indonesia


Let’s Know About National Library of Indonesia
Sudahkah anda sebagai masyarakat Indonesia mengetahui akan pepustakaan kita yaitu Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI)? Perpustakaan kita terkenal dengan gedung perpustakaan tertinggi di dunia loh. Yuks kita simak bersama.

“Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, terletak di Jl. Medan Merdeka Selatan No.11 telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada hari Kamis Tanggal 14 September 2017. Bapak Joko Widodo sendiri menyebutkan gedung PNRI merupakan gedung perpustakaan tertinggi didunia dengan 27 lantai  ditambah satu lantai  basemant dengan mengeluarkan dana pembangunan sebesar Rp. 465.207.300.000,-“ informasi ini  diperoleh dari Kompas.com.
Kita sebagai masyarakat Indonesia harus memanfaatkan dengan baik agar usaha pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan kita akan informasi dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan targetnya. Lantas apa saja  yang ada di PNRI?

Lantai 1, Lobby Hall & Display
Lantai 2, Layanan Keanggotaan & Penelusuran Informasi
Lantai 3, Zona Promosi Budaya Gemar Membaca
Lantai 4, Area Pameran & Kantin
Lantai 5, Perkantoran
Lantai 6, Data Center & Musholah
Lantai 7, Layanan Koleksi Anak, Lansia & Disabilitas
Lantai 8, Layanan koleksi Audiovisual
Lantai 9, Layanan Koleksi Naskah Nusantara
Lantai 10, Penyimpanan Koleksi Deposit
Lantai 11, Pennyimpanan Koleksi Monograf Tertutup
Lantai 12, Ruang Baca Koleksi Deposit,
Lantai 13, Ruang Baca Koleksi Monograf Tertutup
Lantai 14, Layanan Koleksi Buku Langka
Lantai 15, Layanan Koleksi Referens
Lantai 16, Layanan Koleksi Foto, Peta, & Lukisan.
Lantai 17, Layanan AIPI     
Lantai 18, Layanan AIPI
Lantai 19, Layanan Multimedia
Lantai 20, Layanan Berkala Mutakhir & Ilmu Perpustakaan
Lantai 21, Layanan Koleksi Monograf Terbuka [Klas 000-499]
Lantai 22, Layanan Koleksi Monograf Terbuka [Klas 500-999]
Lantai 23, Layanan Koleksi Mancanegara & Majalah Terjilid
Lantai 24, Koleksi Budaya Nusantara & Eksekutif Lounge

Let’s Know About National Library of Indonesia
Lobby hall & display.
Dimanfaatkan sebagai ruang pameran seni yang menarik dengan layar interaktif yang menampilkan sejarah masuknya literasi di zaman penjajahan, replika asli perpustakaan sepeda keliling, dan aksara kuno. Ruang pameran seni ini berada dirumah dengan berarsitektur Batavia, lebih tepatnya ada di depan gedung perpustakaan. Setelah melewati area pameran seni ini, kita ke gedung perpustakaan yang modern dengan pandangan mata yang mengarah langsung dengan rak buku tinggi, langit perpustakaan bergambar peta indonesia, dan foto presiden Indonesia dengan karya bukunya. Selain itu, dilantai gedung satu ini dimanfaatkan sebagai tempat penitipan barang.

Let’s Know About National Library of Indonesia
Layanan keanggotaan & penelusuran informasi.
Pada layanan ini dimanfaatkan sebagai layanan keanggotaan dengan komputer yang disediakan untuk penelusuran informasi, mengisi biodata atau memasukan ID dan password bagi pendaftar online kemudian memperoleh nomor panggil. Proses pembuatannya cukup mudah, cepat dan perlu diingat untuk membawa fotocopy KK (Kartu Keluarga) untuk memastikan data yang tertera sudah sesuai dan benar. Kartu anggota perpustakaan ini sama pentingnya dengan KTP atau SIM kita. Maksud dari hal ini agar pemustaka lebih disiplin dalam menjaga kartu anggota perpustakaan.

Let’s Know About National Library of Indonesia
Layanan koleksi anak, Lansia & disabilitas.
Pada layanan anak selain koleksi buku yang sangat bervariasi, ruangan ini memiliki desain wallpaper menarik dan beberapa ada cerita legenda tokoh asli Indonesia. Fasilitas lainnya seperti ruangan untuk ibu menyusui, panggung sederhana sebagai sarana edukasi seperti story telling, aksi sulap, lomba dan sebagainya, serta taman outdoor namun belum bisa diakses karena masih dalam pertimbangan. Sebelumnya, pada layanan anak ini terdapat banyak mainan edukasi, namun fungsi dari mainan ini tidak sesuai dengan tujuan awal karena banyak anak-anak yang hadir lebih fokus terhadap mainan ketimbang koleksi buku, dan karena ini juga banyak koleksi buku menjadi rusak akibat terinjak-injak atau dilempar oleh anak-anak. Dan untuk perkembangan selanjutnya mengenai pemanfaatan taman outdoor dan mainan edukasi masih dalam perencanaan. Kemudian didepan dari pintu masuk layanan anak terdapat layanan untuk lansia dan disabilitas dilengkapi dengan fasilitas ubin pemandu. Koleksi yang tersedia ada koleksi braille, koleksi buku masak, majalah, dan sebagainya.

Layanan koleksi audiovisual.
Dalam layanan ini terdapat ruang mini teater, ruang musik, ruang diskusi, alat mikro reader untuk membaca roll film koran-koran lama serta koleksi yang tersedia seperti CD/DVD movie, dokumenter, musik dan sebagainnya.

Layanan koleksi referens.
layanan ini memuat koleksi tertutup seperti jurnal ilmiah, skripsi, kamus dan lainnya yang memerlukan printout dari letak koleksi dan kartu anggota perpustakaan. Selain koleksi tertutup terdapat juga koleksi terbuka khusus untuk ilmu perpustakaan. Sebelumnya untuk koleksi ilmu perpusakaan berada dilantai 20,  namun sekarang  dipindah ke lantai 15.

Let’s Know About National Library of Indonesia
Layanan multimedia.
Dimanfaatkan oleh pengguna sebagai sarana penunjang pemustaka dalam memperoleh informasi digital, untuk kegiatan pengetikan tidak bisa dilakukan dengan microsoft yang ada pada komputer. Pustakawan menyarankan untuk melakukan pengetikan bisa melalui google word yang terhubung dengan gmail kita serta disimpan dengan google drive, dan untuk komputer itu sendiri merupakah komputer touch screen dan tidak bisa terhubung dengan flashdisk, hanya disediakan satu komputer saja untuk bisa terhubung dengan flashdish hal ini dilakukan untuk terhindar kerusakan komputer terhadap virus dari flashdish. Serta ruangan lain yang  disediakann untuk layanan wifi dengan suasana yang  ramah layaknya rumah.

Dalam memanfaatkan koleksi atau menggunakan akses komputer dan lainnya yang disediakan perpustakaan diharuskan memiliki kartu anggota perpustakaan terlebih dahulu. Disetiap layanan memiliki peraturan yang  berbeda, layanan yang terdapat koleksi perpustakaan hampir semuanya disediakan ruang diskusi. Untuk waktu kunjungan dibuka setiap hari, pada hari Senin hingga Jumat dibuka dari  pukul 08.00-18.00 WIB, dan Sabtu dan Minggu dibuka dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Mohon maaf bila saya tidak bisa menjelaskan semuanya secara mendalam  karena beberapa layanan sudah sesuai dengan fungsinya, dan ada beberapa layanan yang belum bisa diakses  oleh pengunjung. Namun disetiap layanan yang bisa diakses memiliki keunikan dan keindahannya  masing-masing. Kalian akan sangat menikmati kenyamanan yang diberikan oleh PNRI. Luangkanlah waktu kalian, ajaklah keluarga untuk hadir dan mengeksplor perpustakaan kita yang begitu indah.

Komentar

  1. Mantaappp... perpusnas memang salah satu perpus terbaik dunia. Semangat teruus, Keep it up mi!

    BalasHapus
  2. Kurangnya sosialisasi kepada masyarakat sehingga perpustakaan jarang diminati oleh masyarakat jaman sekarang.perlu adanya terobosan baru agar masyarakat khususnya golongan muda untuk lebih menyukai ke perpustakaan daripada ketempat yg kurang baik.dulu orang bangga dengan cermat.sehingga banyak orang menjadi kutu buku.sekarang ciptakan game yg baru ...
    selamat.... teruskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah tantangan menjadi seorang pustakawan :D harus tetap semangat....

      Hapus
  3. berbagai layanan yang tersedia di Perpusnas sangat bagus dan baik. di setiap layanan selalu saja ada hal-hal yang menarik, mulai dari desain interiornya sampai dengan sarana dan prasarana yang disediakan. menyenangkan lah pokonya kalau berkunjung ke perpusnas

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Dengan Riset Menjadikan Mahasiswa Terampil Dalam Analitik

Kegiatan riset bukanlah hal baru didunia ini, riset ( research ) sudah dilakukan oleh nenek moyang kita untuk mendapatkan hal baru yang membangun perkembangan kehidupan dan peradaban hingga saat ini. Melalui riset, pengetahuan dikembangkan dan menjadi pengetahuan baru untuk kita.

Tata Ruang dan Perabot dalam Perpustakaan Umum

Perpustakaan umum merupakan salah satu bentuk layanan informasi bagi masyarakat dengan visi terciptanya masyarakat melek informasi dan masyarakat cerdas, sehingga keberadaannya harus dapat dimanfaat dengan sebaik-baiknya oleh berbagai kelompok masyarakat dalam mengakses informasi. Kehadiran perpustakaan umum di tengah masyarakat diharapkan dapat melayani kebutuhan masyarakat akan berbagai sumber informasi. Perpustakaan Umum merupakan perpustakaan yang melayani seluruh lapisan masyarakat tanpa membedakan latar belakang, status sosial, agama, suku, pendidikan dan sebagainya. Konsep dasar perpustakaan umum adalah didirikan oleh masyarakat, untuk masyarakat, dan didanai dengan dana masyarakat. Perpustakaan umum sebagai sarana pendidikan untuk mendidik dari sendiri dengan kata lain tempat mendapatkan pendidikan nonformal, mempunyai tugas untuk menghimpun, memelihara dan mendayagunakan bahan perpustakaaan untuk kepentingan masyarakat Indonesia. Ruang perpustakaan merupakan sarana yang

Bisnis Kuliner Khas Nusantara GOMACANG

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan ragam etnis budayanya. Keragaman budaya lokal yang ada di Indonesia tentu memiliki ciri khas yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya, seperti masakan khas budaya lokal Indonesia dengan beragam rempah-rempah yang dimilikinya. Begitu banyak bisnis kuliner yang dibangun di Indonesia dengan ciri khas di setiap wilayah seperti yang kita kenal yaitu Rumah Padang, Warteg (Warung Tegal), Sate Madura dan bisnis kuliner lainnya. Namun, dari setiap bisnis kuliner yang kita lihat atau kita ketahui tidak semua masakan khas nusantara dapat kita peroleh dengan mudah. Dengan hal tersebut, salah satu mahasiswa asal Semarang membuka bisnis baru inspiratif dan inovatif yang memperkenalkan masakan khas nusantara. Bisnis tersebut adalah Gomacang. Gomacang adalah sebuah bisnis kuliner yang baru saja diadakan grand opening pada tanggal 19 November 2018 di Jalan Durian Raya No.88 Srondol Wetan, Banyumanik,  Kota Semarang. Didepan Taman Tirto Agun