Langsung ke konten utama

Starfield Library in The Middle of COEX Mall


Starfield Library in The Middle of COEX Mall
Setiap perpustakaan pasti berlomba-lomba dalam menarik perhatian masyarakat sekitar hingga luar negeri dengan konsep yang unik dari perpustakaan lainnya. Seperti salah satu perpustakaan yang berada di Indonesia yaitu Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang berhasil menarik perhatian dengan gedung tertinggi di dunia dan ini sudah pernah saya bahas sebelumnya yaitu “Let’s Know About National Library of Indonesia”.
Namun dalam artikel ini saya akan membahas perpustakaan dinegara lain yang termasuk salah satu daftar negara yang ingin saya kunjungi bahkan saya ingin bisa hidup dinegara ini dan memiliki pekerjaan yang mulia yaitu menjadi pustakawan di salah satu perpustakaan anak disana. Semoga apa yang menjadi impian saya dapat tercapai dan sesuai harapan saya yaa.

Negara ini terkenal dengan sebutan Negeri Gingseng! Dimana lagi kalau bukan di Korea Selatan. Negara ini memang sudah banyak sekali menarik perhatian dunia dengan perkembangan teknologi terbaru seperti Handphone Samsung, serta melalui perkembangan musik korea yang mendunia melalui Boyband/Girlband, Band, Solo yang dikenal melalui beberapa agensi manajemen terkenal seperti SM Entertaiment, YG Entertaiment, JYP Entertaiment, dan Pledis Entertaiment, dan budaya disana yang banyak menarik perhatian dunia, serta hal lainnya yang tidak dapat saya sebutkan semuanya. Kemajuan yang terjadi disana pasti didukung dari pendidikan yang bagus serta peran pustakawan dalam pemenuhan informasi mereka. Sungguh bermanfaat bukan menjadi pustakawan?

Starfield Library in The Middle of COEX Mall
Dengan teknologi yang baik dan beberapa gedung dengan desain interior menarik di Korea Selatan, terdapat salah satu perpustakaan unik dan ini termasuk ke dalam daftar wisata yang wajib dikunjungi bagi kalian loh! Perpustakaan ini berhasil menarik perhatian wisatawan lokal serta wisatawan luar negeri yang dibangun dengan konsep perpustakaan yang nyaman, megah dan unik yaitu berada didalam Mall. Perpustakaan ini dikenal dengan nama Starfield Library atau dalam tulisan Korea 별마당 도서관 (Byoelmadang Doseogwan) yang berartikan Teras Bintang ini merupakan perpustakaan umum dan terletak ditengah pusat pembelanjaan Starfield COEX Mall, Daechi-dong, Gangnam-gu, Seoul, Korea Selatan yang dibuka sejak 31 Mei 2017. Starfield Library ini dibuka tiap hari dari pukul 10.00 hingga 22.00 waktu setempat.

Starfield Library in The Middle of COEX Mall
Perpustakaan ini memiliki area luas 2.800 meter persegi, dengan dua lantai yang terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya sepersenpun. Starfield Library memiliki lebih dari 50.000 judul koleksi buku dalam bentuk cetak dan digital, serta koleksi majalah Korea terbesar yang lebih dari 600 judul. Untuk pemanfaatan koleksi hanya bisa kita baca dilokasi saja, tidak bisa kita bawa keluar dari ruang lingkup perpustakaan. Di perpustakaan ini terdapat tiga lemari super besar dan tingginya mencapai dua lantai. Lemari ini dipenuhi dengan koleksi perpustakaan bedasarkan subjek seperti lifestyle, health, architecture, fiction, dan lainnya.

Starfield Library in The Middle of COEX Mall
Perpustakaan dilengkapi dengan meja dan 200 sofa mewah yang mampu membuat pembaca buku menjadi rileks, serta suasana dari perpustakaan mendukung kita dalam membaca atau mengerjakan tugas yang didominasi dengan warna coklat dan emas. Pemandangan ini yang akan kita rasakan begitu kita mulai memasuki perpustakaan, buku-buku yang ada tampak terlihat bersinar layaknya bintang dan ini sesuai dengan nama perpustakaan yaitu Starfield Library.

Starfield Library in The Middle of COEX Mall
Pada bagian tengah-tengah perpustakaan terdapat panggung kecil dan kursi-kursi sebagai tempat event pertunjukan budaya yang berbeda tiap bulannya seperti talk show, book talks, mini concert, hingga hiburan anak-anak. Dan yang lebih membuat kita menjadi lebih nyaman yaitu perpustakaan bersebelahan dengan mini market dan toko roti dan kita bisa membawa masuk kedalam perpustakaan, tapi untuk kebersihan sudah menjadi kesadaran diri masing-masing yaa.

Ada kelebihan lainnya juga bagi para pecinta K-pop, yaitu gedung ini bersebelahan dengan SMTOWN Coex Artium milik SM Entertaiment. Wow! pass bangetkan untuk dijadikan salah satu tempat wisata, selain shopping kalian bisa merilekskan pikiran dan kaki ke perpustakaan lalu diakhiri dengan mampir ke SMTOWN. Sekian informasi yang bisa saya sampaikan, dan mari kita menabung bersama barang kali kita bisa bertemu disana nanti. 안녕 Annyeong !!!!

Komentar

  1. Keren banget tapi sayangnya jauh ya

    BalasHapus
  2. Wihh ternyata dekat SM coex perpusnya.. bisa nyambi nihh ke coex 마우 케테무 오빠2 😌 ㅋㅋ

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Dengan Riset Menjadikan Mahasiswa Terampil Dalam Analitik

Kegiatan riset bukanlah hal baru didunia ini, riset ( research ) sudah dilakukan oleh nenek moyang kita untuk mendapatkan hal baru yang membangun perkembangan kehidupan dan peradaban hingga saat ini. Melalui riset, pengetahuan dikembangkan dan menjadi pengetahuan baru untuk kita.

Tata Ruang dan Perabot dalam Perpustakaan Umum

Perpustakaan umum merupakan salah satu bentuk layanan informasi bagi masyarakat dengan visi terciptanya masyarakat melek informasi dan masyarakat cerdas, sehingga keberadaannya harus dapat dimanfaat dengan sebaik-baiknya oleh berbagai kelompok masyarakat dalam mengakses informasi. Kehadiran perpustakaan umum di tengah masyarakat diharapkan dapat melayani kebutuhan masyarakat akan berbagai sumber informasi. Perpustakaan Umum merupakan perpustakaan yang melayani seluruh lapisan masyarakat tanpa membedakan latar belakang, status sosial, agama, suku, pendidikan dan sebagainya. Konsep dasar perpustakaan umum adalah didirikan oleh masyarakat, untuk masyarakat, dan didanai dengan dana masyarakat. Perpustakaan umum sebagai sarana pendidikan untuk mendidik dari sendiri dengan kata lain tempat mendapatkan pendidikan nonformal, mempunyai tugas untuk menghimpun, memelihara dan mendayagunakan bahan perpustakaaan untuk kepentingan masyarakat Indonesia. Ruang perpustakaan merupakan sarana yang

Bisnis Kuliner Khas Nusantara GOMACANG

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan ragam etnis budayanya. Keragaman budaya lokal yang ada di Indonesia tentu memiliki ciri khas yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya, seperti masakan khas budaya lokal Indonesia dengan beragam rempah-rempah yang dimilikinya. Begitu banyak bisnis kuliner yang dibangun di Indonesia dengan ciri khas di setiap wilayah seperti yang kita kenal yaitu Rumah Padang, Warteg (Warung Tegal), Sate Madura dan bisnis kuliner lainnya. Namun, dari setiap bisnis kuliner yang kita lihat atau kita ketahui tidak semua masakan khas nusantara dapat kita peroleh dengan mudah. Dengan hal tersebut, salah satu mahasiswa asal Semarang membuka bisnis baru inspiratif dan inovatif yang memperkenalkan masakan khas nusantara. Bisnis tersebut adalah Gomacang. Gomacang adalah sebuah bisnis kuliner yang baru saja diadakan grand opening pada tanggal 19 November 2018 di Jalan Durian Raya No.88 Srondol Wetan, Banyumanik,  Kota Semarang. Didepan Taman Tirto Agun