Langsung ke konten utama

Cara Mengurangi Stres Pikiran

Cara Mengurangi Stres Pikiran
Tahukah kalian kalau wanita dan pria itu sama halnya akan mengalami fase-fase datangnya bulan yang bikin stres. “Namun, bagaimana kalau terlalu banyak hal yang dipikirkan? Bagaimana cara kita untuk mengurangi  stres pikiran kita?” Semua manusia tentunya pernah merasakan stres, namun tidak semua mengerti bagaimana cara menangani stres tersebut.

Namanya juga manusia sudah pasti memiliki akal pikiran. Setiap kehidupan manusia pasti akan mengalami stres disetiap bulan. Seperti stres dalam finansial, stres tugas numpuk dengan deadline mencekik dan contoh lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh hormon kita sendiri, yaitu
“Hormon Adrenalin sebagai pemicu awal stres dengan bekerja sama dengan hormon lainnya yaitu Norepinephrine yang mempengaruhi reaksi tubuh terhadap stres seperti kejang otot, sulit tidur, gelisah” dan selalu memikirkan masalah tersebut, kemudian hormon Kortisol yang berperan menentukan respon terhadap situasi yang membuat kita stres dan mempengaruhi tekanan darah” 

Berikut ada beberapa cara dalam meringankan stres berdasarkan pengalaman pribadi.
1. Membasuh Wajah
Biasanya kalo pikiran kita stres, tubuh kita akan terasa panas yang membuat kita jadi kesal dan marah. Cara ini akan memberi kesejukan pada diri kita dan menjadi lebih fresh, melek hati, melek mata, dan melek pikiran. Kalau untuk orang muslim alangkah lebih baik jika dilakukan dengan berwudhu.


2. Olah Raga Ringan (Stretching)
Lakukanlah olah raga ringan seperti peregangan otot dan sendi agar badan kita terasa fit dan segar. Meskipun hal kecil tatapi bermanfaat.

3. Minum Air Dingin
Minum air dingin ini bisa seperti es coklat, es kopi, atau es lain yang kalian suka. Minum air dingin ini akan membuat hawa panas didiri kita jadi lebih berkurang dan yang pasti jadi segar. Minum air dingin ini juga bikin otak kita jadi fresh. Kalau saya biasanya sedia minum es coklat atau es cappuccino, lalu sedia es batu lain buat di taruh di ubun-ubun atau di atas kepala kita sambil dipijat-pijat.

4. Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik juga membantu pikiran kita lebih santai dan bersemangat. Diawali dengan musik klasik, seperti 이루마 (Yiruma) -  River Flows In You, ini contoh musik klasik favoritku yang menyentuh hatiku, atau dengan musik pilihan yang kalian suka. Diusahakan jangan diawali dengan mendengarkan musik genre metal, karena akan memperburuk stres pikiran kita.

5. Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup ini akan membuat otak kita lebih segar. Otak kita juga perlu istirahat dari pikiran yang membuat kita stres bisa dilakukan dengan tidur secukupnya, melupakan sejenak tentang hidup kita yang berat. Tapi jangan lupa yaa, kalau sudah bangun cuci muka biar lebih segar dan bisa kembali melanjutkan kegiatan kita.

6. Menyusun strategi dalam pemecahan masalah
Ketika diri kita dirasa sudah cukup dalam istirahat, segera menyusun strategi untuk langkah selanjutnya, dengan membulatkan tekat untuk pemecahan masalah dalam hal positif, mencari ide, referensi atau meminta pendapat dan saran kepada  orang yang mampu membantu kita dalam pemecahan masalah.

Karena ini adalah hasil dari pengalaman pribadi saya, keberhasilan mengurangi stres ini tergantung dari diri kamu secara pribadi. Masalah tidak akan terselesaikan kalau diri kita sendiri tidak ada kemauan untuk menyelesaikannya. 

Cara Mengurangi Stres Pikiran
Dari apa yang aku alami apakah ada  diantara salah satunya menjadi metode untuk mengurangi stres pikiran kamu? atau ada cara lain selain yang sudah diriku paparkan? Kalian bisa langsung aja masukan kedalam kolom komentar blogku biar aku juga tau bagaimana caranya kamu meringankan pikiran stres kamu. Jangan putus asa kalau lagi pikiran stres yaa, tetap semangat kawanku.

Komentar

  1. Hormon jenis apa yg bikin stress?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di saat stres, tubuh menghasilkan lebih banyak hormon kortisol sebagai bentuk kompensasi. Kortisol adalah hormon steroid yang umumnya diproduksi oleh kelenjar adrenal. Hormon ini mempengaruhi berbagai organ tubuh seperti jantung, sistem saraf pusat, ginjal, dan kehamilan. Selain itu, hormon kortisol juga terlibat pada respon stres, sistem kekebalan tubuh, peradangan, metabolisme karbohidrat, pemecahan protein, mengatur kadar elektrolit darah dan perilaku. http://lagizi.com/efek-hormon-stres/

      Hapus
  2. wah bermanfaat sekali buat menghilangkan stres hehe

    BalasHapus
  3. Dress..... obat nya Iman dan Taqwa.

    BalasHapus
  4. Bagus, Disaat stress dalam menanganinya yaitu selalu mendekatkan diri kepada allah, in sya allah stress dapat berkurang dengan memasrahkan segala masalah kepada allah swt, dengan begitu diri akan menjadi lebih tenang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Dengan Riset Menjadikan Mahasiswa Terampil Dalam Analitik

Kegiatan riset bukanlah hal baru didunia ini, riset ( research ) sudah dilakukan oleh nenek moyang kita untuk mendapatkan hal baru yang membangun perkembangan kehidupan dan peradaban hingga saat ini. Melalui riset, pengetahuan dikembangkan dan menjadi pengetahuan baru untuk kita.

Tata Ruang dan Perabot dalam Perpustakaan Umum

Perpustakaan umum merupakan salah satu bentuk layanan informasi bagi masyarakat dengan visi terciptanya masyarakat melek informasi dan masyarakat cerdas, sehingga keberadaannya harus dapat dimanfaat dengan sebaik-baiknya oleh berbagai kelompok masyarakat dalam mengakses informasi. Kehadiran perpustakaan umum di tengah masyarakat diharapkan dapat melayani kebutuhan masyarakat akan berbagai sumber informasi. Perpustakaan Umum merupakan perpustakaan yang melayani seluruh lapisan masyarakat tanpa membedakan latar belakang, status sosial, agama, suku, pendidikan dan sebagainya. Konsep dasar perpustakaan umum adalah didirikan oleh masyarakat, untuk masyarakat, dan didanai dengan dana masyarakat. Perpustakaan umum sebagai sarana pendidikan untuk mendidik dari sendiri dengan kata lain tempat mendapatkan pendidikan nonformal, mempunyai tugas untuk menghimpun, memelihara dan mendayagunakan bahan perpustakaaan untuk kepentingan masyarakat Indonesia. Ruang perpustakaan merupakan sarana yang

Bisnis Kuliner Khas Nusantara GOMACANG

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan ragam etnis budayanya. Keragaman budaya lokal yang ada di Indonesia tentu memiliki ciri khas yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya, seperti masakan khas budaya lokal Indonesia dengan beragam rempah-rempah yang dimilikinya. Begitu banyak bisnis kuliner yang dibangun di Indonesia dengan ciri khas di setiap wilayah seperti yang kita kenal yaitu Rumah Padang, Warteg (Warung Tegal), Sate Madura dan bisnis kuliner lainnya. Namun, dari setiap bisnis kuliner yang kita lihat atau kita ketahui tidak semua masakan khas nusantara dapat kita peroleh dengan mudah. Dengan hal tersebut, salah satu mahasiswa asal Semarang membuka bisnis baru inspiratif dan inovatif yang memperkenalkan masakan khas nusantara. Bisnis tersebut adalah Gomacang. Gomacang adalah sebuah bisnis kuliner yang baru saja diadakan grand opening pada tanggal 19 November 2018 di Jalan Durian Raya No.88 Srondol Wetan, Banyumanik,  Kota Semarang. Didepan Taman Tirto Agun