Langsung ke konten utama

Sekilas Mengenal Pusat Perpustakaan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Sekilas Mengenal Pusat Perpustakaan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Keberadaan perpustakaan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan mahasiswa, terutama tugas mahasiswa yaitu harus menghasilkan sebuah karya tulis yang bersifat analitik. Dalam hal ini sudah saya bahas dalam artikel saya sebelumnya yang berjudul “Belajar Dengan RisetMenjadikan Mahasiswa Terampil Dalam Analitik”, melalui hal tersebutlah peran perpustakaan menjadi hal pertama bagi mahasiswa dalam pemenuhan informasi.

Sekilas Mengenal Pusat Perpustakaan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Memalui blog ini saya ingin mempromosikan perpustakaan dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah yang merupakan universitas saya sendiri sebagai mahasiswa program sarjana, yaitu Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang terkenal dengan koleksi islamnya. Perpustakaan yang terletak dipusat kegiatan kampus 1 ini beralamat di Jl. Ir. Haji Juanda No.95, Ciputat, Kota Tanggerang Selatan, Banten, dengan desain gedung baru yang berciri khas dengan warna abu-abu diantara gedung fakultas disekitarnya.

Sejarah terbangunnya perpustakaan ini  cukup panjang dan disetiap hal yang dialami mengalami perubahan dan peningkatan yang baik hingga saat ini. Untuk informasi mengenai sejarah perpustakaan dapat diakses melalui http://perpus.uinjkt.ac.id/content/sejarah-perpustakaan-uin-jakarta. Pusat perpustakaan ini sebagai perpustakaan utama dari perpustakaan fakultas UIN Syarif Hidayatullah lainnya, jika dirasa koleksi yang terdapat difakultas kurang memadai, mahasiswa akan mencari di pusat perpustakaan dengan koleksi yang beragam dan dapat menambah daftar referensi buku lainnya.

Sekilas Mengenal Pusat Perpustakaan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Perpustakaan ini memiliki 7 lantai yang dapat diakses, diantaranya:
-> Lantai 1, Loby hall dan tempat mendaftarkan diri  sebagai  pengunjung atau tamu
-> Lantai 2, Penitipan barang, dengan loker berkunci maupun yang tidak  terkunci.
-> Lantai 3, merupakan tempat  administrasi atau perkantoran
-> Lantai 4, sebagai tempat koleksi umum, BI Corner, dan layanan sirkulasi
-> Lantai 5, sebagai tempat koleksi khusus islam, koleksi referens, dan layanan multimedia
-> Lantai 6, sebagai ruang khusus yang hanya terdapat koleksi skripsi mahasiswa
-> Lantai7, sebagai ruang pertemuan dan layanan corner seperti American Corner dan Canada Corner

Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tidak hanya dapat diakses oleh mahasiswa tersendiri saja tetapi masyarakat umum yang membutuhkan inforrmasi sebagai bahan riset dapat berkunjung dan memanfaatkan setiap layanan diperpustakaan. Selain yang sipaparkan diatas perpustakaan juga dilengkapi dengan fasilitas mushalla, dan toilet, serta layanan lainnya berupa layanan keanggotaan, literasi informasi, penelusur informasi, fotocopy, sms gateway, bebas pustaka, close circuit television (CCTV), dan publik  informasi. Pusat perpustakaan UIN Syarif Hudayatullah Jakarta memberikan kemudahan untuk memperoleh informasi kepada pemustaka dengan berlanggan e-journal dan e-book yang dapat kita lihat di http://perpus.uinjkt.ac.id/. Waktu kunjungan dibuka pada hari Senin hingga Jumat dari  pukul 09.00-20.00 WIB, dan hari Sabtu dibuka dari pukul 09.00-12.00 WIB.

Sekian informasi yang dapat saya berikan mengenai Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, mohon maaf bila saya tidak menjelaskan semuanya secara spesifik. Dan selamat berkunjung, manfaatkan setiap layanan dengan baik yaa...

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Dengan Riset Menjadikan Mahasiswa Terampil Dalam Analitik

Kegiatan riset bukanlah hal baru didunia ini, riset ( research ) sudah dilakukan oleh nenek moyang kita untuk mendapatkan hal baru yang membangun perkembangan kehidupan dan peradaban hingga saat ini. Melalui riset, pengetahuan dikembangkan dan menjadi pengetahuan baru untuk kita.

Tata Ruang dan Perabot dalam Perpustakaan Umum

Perpustakaan umum merupakan salah satu bentuk layanan informasi bagi masyarakat dengan visi terciptanya masyarakat melek informasi dan masyarakat cerdas, sehingga keberadaannya harus dapat dimanfaat dengan sebaik-baiknya oleh berbagai kelompok masyarakat dalam mengakses informasi. Kehadiran perpustakaan umum di tengah masyarakat diharapkan dapat melayani kebutuhan masyarakat akan berbagai sumber informasi. Perpustakaan Umum merupakan perpustakaan yang melayani seluruh lapisan masyarakat tanpa membedakan latar belakang, status sosial, agama, suku, pendidikan dan sebagainya. Konsep dasar perpustakaan umum adalah didirikan oleh masyarakat, untuk masyarakat, dan didanai dengan dana masyarakat. Perpustakaan umum sebagai sarana pendidikan untuk mendidik dari sendiri dengan kata lain tempat mendapatkan pendidikan nonformal, mempunyai tugas untuk menghimpun, memelihara dan mendayagunakan bahan perpustakaaan untuk kepentingan masyarakat Indonesia. Ruang perpustakaan merupakan sarana yang

Bisnis Kuliner Khas Nusantara GOMACANG

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan ragam etnis budayanya. Keragaman budaya lokal yang ada di Indonesia tentu memiliki ciri khas yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya, seperti masakan khas budaya lokal Indonesia dengan beragam rempah-rempah yang dimilikinya. Begitu banyak bisnis kuliner yang dibangun di Indonesia dengan ciri khas di setiap wilayah seperti yang kita kenal yaitu Rumah Padang, Warteg (Warung Tegal), Sate Madura dan bisnis kuliner lainnya. Namun, dari setiap bisnis kuliner yang kita lihat atau kita ketahui tidak semua masakan khas nusantara dapat kita peroleh dengan mudah. Dengan hal tersebut, salah satu mahasiswa asal Semarang membuka bisnis baru inspiratif dan inovatif yang memperkenalkan masakan khas nusantara. Bisnis tersebut adalah Gomacang. Gomacang adalah sebuah bisnis kuliner yang baru saja diadakan grand opening pada tanggal 19 November 2018 di Jalan Durian Raya No.88 Srondol Wetan, Banyumanik,  Kota Semarang. Didepan Taman Tirto Agun