Langsung ke konten utama

Mengenal Masa Depan Dengan Gelar Lulusan Ilmu Perpustakaan

Mengenal Masa Depan Dengan Gelar Lulusan Ilmu Perpustakaan
Berbicara menggenai lulusan ilmu perpustakaan, sebagian orang ada yang sudah mengenal dan ada yang belum mengenal bahkan dipandang sebelah mata mengenai lulusan ilmu perpustakaan. Dalam kontek ini bisa terjadi karena cara pandang kita yang belum terbuka mengenai lulusan ilmu perpustakaan, bahkan ada yang berpendapat bahwa ilmu perpustakaan itu tidak menantang kerjanya hanya berdiam diri dengan tugas yang hanya menjaga buku. Pola Pandang mereka inilah yang salah terhadap lulusan Ilmu Perpustakaan. Termasuk tetanggaku sendiri yang mempertanyakan mengenai “lulusan ilmu perpustakaan itu bakalan jadi apa sih? Lalu prospek kerjanya bagaimana?”. Tapi tahukah kalian bahawa hampir diseluruh lowongan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Kementrian, Lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menerima bagi lulusan Ilmu Perpustakaan.


Sebagai calon sarjana lulusan ilmu perpustakaan. Disinilah saya ingin memperkenalkan dunia Ilmu Perpustakaan kepada semua masyarakat agar lebih terbiasa jika mendengar kata jurusan Ilmu Perpustakaan. Sebelumnya, saya mengetahui jurusan ilmu perpustakaan itu sewaktu saya SMA saat harus memilih Universitas yang mudah untuk digapai dengan Jurusan yang memiliki peluang kerja lebih luas. Jurusan ilmu perpustakaan ini  merupakan saran dari Ka Ian selaku ahli teknisi di SMA-ku. Beliau memberiku saran dan arahan baik untuk mengambil jurusan ilmu perpustakaan karena peluang kerja lebih luas dan sangat dibutuhkan disemua lembaga apapun.
Mengenal Masa Depan Dengan Gelar Lulusan Ilmu Perpustakaan
Setiap dosen pengampu selalu mengingatkan untuk tidak khawatir memilih jurusan ilmu perpustakaan, karena dibalik itu semua banyak manfaat yang bisa kamu berikan kepada masyarakat dan penuh dengan peluang kerja yang menarik. Memang pada dasarnya lulusan ilmu perpustakaan diperuntukan sebagai pengelola perpustakaan atau disebut dengan panggilan pustakawan, tapi tidak hanya itu saja. Perkembangan makin pesat, informasi tak terbatas jumlahnya baik yang dikemas dengan data yang akurat maupun data yang tidak sesuai. Tentu jurasan ilmu perpustakaan juga harus mengikuti perkembangan zaman, kita juga mempelajari tentang pengolahan teknologi informasi, mencari cara bagaimana setiap pengguna perpustakaan itu memdapatkan informasi yang baik dan benar, bagaimana cara penelusuran informasi yang baik. Tugas pustakawanpun tidak terlihat semudah kita menjentikan jari yang hanya menjaga buku tetapi memiliki tanggung jawab yang besar, karena disetiap informasi yang diberikan harus memiliki dampak yang positif dan membangun tingkat pemahaman pemustakanya atau pengguna perpustakaan. Dengan kemajuan tingkat informasi dan teknologi jurusan ilmu perpustakaan juga mempelajari programer, web desainer, pengelola database dan tentu hal tersebut bisa dijadikan prospek kerja bagi jurusan ilmu perpustakaan, prospek lainnya juga kita bisa menjadi arsiparis, sekretaris, indexer, bekerja diinstansi rumah sakit, Bank, pegawai negeri sipil (PNS), dan masih banyak lagi lainnya. Setiap materi yang diterima oleh mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan sama beratnya dengan jurusan-jurusan lainnya.
Mengenal Masa Depan Dengan Gelar Lulusan Ilmu Perpustakaan

Setelah mengetahui hal ini, bagaimana menurut kalian? Apakah ilmu perpustakaan akan mempersulit kalian dalam memperoleh pekerjaan?. Jikalau kalian bersungguh-sungguh apapun yang kalian pilih akan dimudahkan dengan Tuhan. Apapun pilihan kalian semua pasti akan bertemu dengan perpustakaan, karena diperpustakaan kalian akan menemukan informasi yang kalian butuhkan. Tugas pustakawan sungguhlah mulia, sungguh diriku sangat bersyukur karena ALLAH SWT, telah memberiku kesempatan untuk mengenalkanku ilmu perpustakaan yang menarik dimulai dari teori, praktik, dan pengalaman dalam terjun langsung perpustakaan. Bagi kalian yang terpaksa harus memilih jurusan ilmu perpustakaan, dan yang tidak suka dengan jurusan ilmu perpustakaan, berusahalah untuk mulai menyukai ilmu perpustakaan, karena dimanapun kalian pasti akan membutuhkan perpustakaan.

Selamat berjuang untuk semua impian kalian! Semoga sukses dengan tujuan kalian.. sekian perkenalan mengenai jurusan ilmu perpustakaana, semoga artikel ini bermanfaar, jika ada yang ingin tahu lebih dalam mengenai jurusan ilmu perpustakaan, selalu terbuka pintu bertanya dikolom komentar yaa.

Komentar

  1. Menarik sekaliii tulisannya, keep going yo, semangaddd!

    BalasHapus
  2. Materi artikelnya cukup bagus...soalnya memang jurusan ilmu perpustakaan jarang sekali dilirik atau diminati...semoga dengan membaca artikel ini,bisa jadi pertimbangan untuk calon2 mahasiswa dalam memilih mata kuliah...good job!!!!

    BalasHapus
  3. masyaAllah mi, bermanfaat banget tulisannya.... semangat!!!

    BalasHapus
  4. Menginspirasi banyak orang yang memandang sebelah mata jurusan ilmu perpustakaan. Good job!!!

    BalasHapus
  5. terus kembangin karya yg berkualitas ini

    BalasHapus
  6. Terimakasih infonyaa๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  7. Menurut saya komentar negatif terhadap org yg memandang ilmu perpustakan dgn sebelah mata adalah hal yg tidak masuk akal, kenapa? Karna kita tahu bahwasanya perpustakaan adalah tempat segala ilmu dan informasi yg akan kita dapatkan, segala jurusan mau itu jurusan accounting, manejemen dll pun akan mencari informasi di perpustakaan. Tentunya adanya jurusan ilmu perpustakaan itu adalah hal yg akan banyak di minati semua org.. Karna jurusan ilmu perpustakaan adalah jurusan yg menambah wawasan kita agar lebih luas.. Semangaat!!!!!

    BalasHapus
  8. Hidup Ilmu Perpustakaan, Berjuang untuk literasi

    BalasHapus
  9. mari kenalkan jurusan ilmu perpustakaan ke orang orang agar mereka tahu ilmu perpustakaan itu tidak hanya bekerja sebagai penjaga perpus dan bersih bersih perpustakaan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Dengan Riset Menjadikan Mahasiswa Terampil Dalam Analitik

Kegiatan riset bukanlah hal baru didunia ini, riset ( research ) sudah dilakukan oleh nenek moyang kita untuk mendapatkan hal baru yang membangun perkembangan kehidupan dan peradaban hingga saat ini. Melalui riset, pengetahuan dikembangkan dan menjadi pengetahuan baru untuk kita.

Tata Ruang dan Perabot dalam Perpustakaan Umum

Perpustakaan umum merupakan salah satu bentuk layanan informasi bagi masyarakat dengan visi terciptanya masyarakat melek informasi dan masyarakat cerdas, sehingga keberadaannya harus dapat dimanfaat dengan sebaik-baiknya oleh berbagai kelompok masyarakat dalam mengakses informasi. Kehadiran perpustakaan umum di tengah masyarakat diharapkan dapat melayani kebutuhan masyarakat akan berbagai sumber informasi. Perpustakaan Umum merupakan perpustakaan yang melayani seluruh lapisan masyarakat tanpa membedakan latar belakang, status sosial, agama, suku, pendidikan dan sebagainya. Konsep dasar perpustakaan umum adalah didirikan oleh masyarakat, untuk masyarakat, dan didanai dengan dana masyarakat. Perpustakaan umum sebagai sarana pendidikan untuk mendidik dari sendiri dengan kata lain tempat mendapatkan pendidikan nonformal, mempunyai tugas untuk menghimpun, memelihara dan mendayagunakan bahan perpustakaaan untuk kepentingan masyarakat Indonesia. Ruang perpustakaan merupakan sarana yang

Bisnis Kuliner Khas Nusantara GOMACANG

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan ragam etnis budayanya. Keragaman budaya lokal yang ada di Indonesia tentu memiliki ciri khas yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya, seperti masakan khas budaya lokal Indonesia dengan beragam rempah-rempah yang dimilikinya. Begitu banyak bisnis kuliner yang dibangun di Indonesia dengan ciri khas di setiap wilayah seperti yang kita kenal yaitu Rumah Padang, Warteg (Warung Tegal), Sate Madura dan bisnis kuliner lainnya. Namun, dari setiap bisnis kuliner yang kita lihat atau kita ketahui tidak semua masakan khas nusantara dapat kita peroleh dengan mudah. Dengan hal tersebut, salah satu mahasiswa asal Semarang membuka bisnis baru inspiratif dan inovatif yang memperkenalkan masakan khas nusantara. Bisnis tersebut adalah Gomacang. Gomacang adalah sebuah bisnis kuliner yang baru saja diadakan grand opening pada tanggal 19 November 2018 di Jalan Durian Raya No.88 Srondol Wetan, Banyumanik,  Kota Semarang. Didepan Taman Tirto Agun